Siapkan Asuransi Pendidikan dan Kesehatan Anak Sejak Dini

Siapkan Asuransi Pendidikan dan Kesehatan Anak Sejak Dini – Memang, tidak semua, tapi kebanyakan pasangan yang sudah memiliki anak pasti akan mengelola kehidupan rumah tangga mereka dengan baik gar berjalan seperti yang diharapkan, termasuk dalam hal keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik juga mendukung keluarga agar lebih sejahtera.

Selain kebutuhan rumah, makanan, transportasi, atau kendaraan, tentunya kebutuhan anak juga menjadi prioritas bagi orang tua. Namun, menyediakan kebutuhan anak dalam bentuk tabungan saja tidak cukup untuk menutupi semuanya.

Apalagi biaya pendidikan dan kesehatan anak semkain mahal setiap tahunnya. Peningkatan diperkirakan dari dua biaya, yang sebesar 10 – – 15% per tahun.

Sebagai orang tua tentunya perlu mengambil tindakan cerdas, yaitu dengan memiliki asuransi untuk anak sejak usia dini. Dengan asuransi anak, tentu saja, biaya sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi dan biaya kesehatan ketika sakit ditanggung dengan baik. Akibatnya, asuransi anak ini bisa membuat keuangan keluarga lebih aman.

Lantas, apa saja pilihan asuransi pendidikan dan kesehatan anak terbaik di Indonesia?

Berikut adalah pilihan dan penjelasan dari masing-masing asuransi pendidikan dan kesehatan mulai dari pemahaman, pilihan produk hingga tips memilihnya sehingga Anda dapat memberikan asuransi untuk anak yang tepat.

Bingung Mencari Asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Asuransi Pendidikan Anak

Pendidikan sangat penting bagi anak karena ilmu yang didapat akan menjadi bekal bagi masa depan anak. Agar anak mendapatkan pendidikan terbaik, tentunya orang tua juga perlu menyiapkan dana pendidikan mulai dari Taman Anak, Sekolah Dasar (SD) hingga duduk di perkuliahan.

Perlu Anda ketahui, dikutip dari situs media republika, per Juli 2021, biaya pendidikan di sekolah swasta dengan segmentasi SMA yang sekolahnya tidak Internasional, mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi saat ini mencapai Rp187, 5 juta dan belum termasuk biaya lain seperti membayar uang sekolah, praktik sekolah dan sebagainya.

Berikut adalah rincian biaya pendidikan pada tahun 2021 dan perkiraan kenaikan 15% pada tahun 2022:

Oleh karena itu, orang tua perlu menyiapkan asuransi pendidikan anak, sehingga Anda tidak perlu khawatir membeli buku, seragam, uang pokok dan lain-lain karena ada uang asuransi dari asuransi pendidikan yang telah Anda bayarkan premi setiap bulannya.

Memahami Asuransi Pendidikan Anak

Berbeda dengan tabungan, asuransi pendidikan merupakan salah satu jenis asuransi yang perusahaannya memberikan layanan perlindungan pendidikan anak yang juga disertai dengan investasi. Asuransi pendidikan anak ini tentunya memberikan manfaat, yaitu:

Menghindari inflasi dalam biaya pendidikan

Terjadinya risiko pada orang tua seperti memburuknya kondisi keuangan, kesehatan orang tua yang membuatnya tidak lagi mampu mencari nafkah dan lain-lain.

Cara Kerja Asuransi Pendidikan Anak

Sebagai ilustrasi, inilah cara kerja asuransi pendidikan anak, termasuk:

  • Pelanggan membayar premi kepada perusahaan asuransi
  • Manajer Investasi di perusahaan asuransi melanjutkan premi yang disetorkan oleh nasabah ke dalam instrumen investasi, seperti reksa dana atau surat utang
  • Pengembalian investasi dan melaporkannya kepada pelanggan pada akhir tahun

Ketika anak akan pergi ke sekolah, Pelanggan dapat mengajukan klaim atas hasil investasi dan mendapatkan uang pertanggungan.

Rekomendasi asuransi pendidikan terbaik di Indonesia

Berikut adalah beberapa pilihan produk asuransi pendidikan terbaik di Indonesia, diantaranya:

  • Asuransi pendidikan anak Axa Mandiri-Mandiri Sejahtera Cerdas
  • Asuransi pendidikan anak Manulife Education Protector
  • Asuransi pendidikan anak BCA perlindungan pendidikan maksimal
  • Asuransi pendidikan anak Prudential PRUlink Edu Protection
  • Asuransi pendidikan anak Allianz Indonesia
  • Solusi cerdas asuransi pendidikan anak BNI Life
  • Asuransi pendidikan anak BRI Life BRINGIN Danasiswa Syariah
  • Asuransi pendidikan anak Bumiputera
  • Baca juga: Asuransi keluarga: definisi, Manfaat, Dan Tips Memilihnya

Asuransi kesehatan anak

Setiap orang tua harus menjaga kesehatan anak mereka dengan baik. Selain itu, memberikan asupan bergizi, orang tua juga mengajarkan anak-anak olahraga teratur dan jam istirahat teratur. Banyak orang tua juga memberikan suplemen tambahan kepada anak-anak.

Meski demikian, orang tua perlu memberikan perlindungan ekstra, mengingat saat ini banyak penyakit virus yang mudah menyerang tubuh anak. Perlindungan ini dengan asuransi kesehatan anak.

Dengan asuransi kesehatan ini juga memberi Anda perlindungan finansial dari kenaikan biaya kesehatan yang naik setiap tahunnya. Jadi, ketika anak sakit atau membutuhkan perawatan di rumah sakit, Asuransi anak akan menanggung biayanya.

Rekomendasi Asuransi kesehatan anak terbaik di Indonesia

Setiap anak Indonesia yang baru lahir, orang tua wajib mendaftarkan anaknya sebagai peserta Kartu Jaminan Kesehatan Nasional Indonesia (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Namun, itu tidak cukup karena tidak semua fasilitas kesehatan dapat menggunakan BPJS Kesehatan. Untuk alasan ini, orang tua dapat melengkapi perlindungan anak dengan asuransi kesehatan. Umumnya, asuransi kesehatan anak ini digabungkan dengan asuransi kesehatan keluarga.

Berikut beberapa pilihan produk asuransi kesehatan untuk anak-anak terbaik di Indonesia, antara lain:

  • Asuransi kesehatan anak Axa Mandiri
  • Asuransi kesehatan anak Cigna
  • Asuransi kesehatan anak BRI Life
  • Asuransi Kesehatan Anak PFI Mega Life
  • Asuransi Kesehatan Anak Lippo
  • Asuransi kesehatan anak BNI Life
  • Asuransi kesehatan anak Prudential
  • Asuransi kesehatan anak Manulife
  • Asuransi kesehatan anak Allianz
  • Asuransi kesehatan anak AIA

Tips memilih asuransi yang tepat dari OJK

Sekarang ada banyak pelaku penipuan atas nama asuransi resmi untuk melakukan kejahatan. Untuk menghindari abal dan bisa mendapatkan asuransi pendidikan dan kesehatan yang tepat bagi anak, berikut tips dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa anda terapkan, antara lain:

Periksa Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Jangan hanya memilih perusahaan asuransi anak tercinta. Anda harus membandingkan setiap perusahaan asuransi. Periksa perusahaan asuransi pendidikan dan kesehatan untuk anak-anak memiliki kredibilitas yang baik atau tidak dan telah terdaftar di OJK atau tidak.

Pilih produk yang manfaat dan fasilitasnya sesuai kebutuhan
Masing-masing asuransi pendidikan dan kesehatan untuk anak-anak juga memiliki paket dengan manfaat dan fasilitas yang berbeda. Agar tidak membuat pilihan yang salah, Anda perlu membaca dengan baik setiap rencana yang ditawarkan oleh asuransi.

Bandingkan, rencana asuransi pendidikan atau kesehatan mana yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Mintalah asuransi pendidikan dan kesehatan untuk membuat perhitungan premi setiap bulan. Jangan sampai produk yang Anda pilih justru memiliki premi yang mahal sehingga membebani keuangan Anda.

Isi data kebijakan secara lengkap

Setelah Anda memilih produk asuransi untuk anak, baik pendidikan, kesehatan yang layak maupun sesuai dengan kebutuhan anak, tentunya anda akan diminta oleh pihak asuransi untuk mengisi polis. Anda harus mengisi data dengan lengkap dan benar.

About BANG NOVAN

Check Also

Cara Membuat Email Dengan Mudah Lewat Ponsel

Cara Membuat Email Dengan Mudah Lewat Ponsel

Rekor.co.id – Cara Membuat Email Dengan Mudah Lewat Ponsel – Cara membuat email di hp …