Cara Jitu Membangun Bisnis Fashion di Jamin Sukses

Cara Jitu Membangun Bisnis Fashion di Jamin Sukses – Ingin memulai bisnis fashion? Selamat! Pilihan Anda benar! Di pasar online, produk fashion adalah produk terlaris setiap tahun.

Tapi jangan berpuas diri dulu. Meskipun peluang sukses dalam bisnis fashion tampak brilian, peluang bisnis yang gagal ini juga bisa terjadi. Ada banyak faktor yang menyebabkan bisnis fashion goyah di tengah jalan.

Nah, agar Anda sukses dalam bisnis fashion, penting untuk mempersiapkan dan dengan cara yang benar. Pada artikel ini kami akan membantu Anda untuk memulai bisnis fashion. Apakah Anda siap?

5 Cara Jitu Membangun Bisnis Fashion di Jamin Sukses

Memulai bisnis fashion tidak boleh asal-asalan. Penting untuk melakukan hal yang benar sejak awal. Salah-salah, bisnis anda bisa berhenti di tengah jalan. Anda tidak ingin ini terjadi pada bisnis Anda, bukan?

Dalam bab ini, Anda akan menemukan cara memulai bisnis fashion yang tepat. Jadi, pastikan Anda mendengarkan setiap poin dengan cermat, ya. Apakah Anda siap? Oke, mari kita mulai.

1. Melakukan Penelitian Produk

Riset produk adalah langkah awal untuk menentukan produk apa yang akan Anda jual. Langkah ini penting untuk dilakukan. Juga, Anda tidak dapat memilih produk hanya dengan asumsi pribadi.

Anda membutuhkan data sesuai dengan kondisi pasar. Dengan begitu produk yang Anda pilih akan diterima oleh pasar. Nah, berikut adalah beberapa cara Anda dapat melakukan penelitian produk.

Mengamati Tren Pasar

Sangat penting untuk mengetahui tren mode apa yang sedang hits.

Periksa Google Trends

Google Trends adalah fitur Google yang dapat dengan cepat menganalisis jumlah pencarian untuk kata kunci tertentu. Anda juga dapat membandingkan beberapa jenis produk untuk melihat mana yang lebih dicari.

Di sana Anda dapat menemukan berbagai foto atau video produk fashion yang ditinjau oleh beberapa orang atau influencer.

Cukup ketik kata kunci dari produk fashion yang ingin Anda cari dengan hashtag ( # ) di tab pencarian. Di tab atas Anda akan melihat kata kunci produk yang banyak disukai (like).

Survei kepada konsumen

Selain mengamati melalui internet, Anda dapat melakukan survei untuk mengetahui produk yang dibutuhkan dan disukai konsumen. Jauhkan survei online sederhana untuk membuat mereka lebih mudah untuk dilakukan. Anda dapat memanfaatkan beberapa media sosial untuk menyebarkan survei ini dan mendapatkan lebih banyak responden.

2. Mengetahui Target Pasar

Mengenali target pasar saat memulai bisnis sangatlah penting. Dengan mengetahui target pasar Anda, Anda dapat menciptakan produk yang Anda sukai dan butuhkan.Target pasar juga dapat membantu Anda untuk membuat strategi pemasaran produk yang tepat.

Apakah Anda tahu apa target pasar Anda? Target pasar adalah orang-orang yang menjadi target penjualan produk anda. Biasanya target pasar akan memiliki karakteristik yang sama baik dari segi kebiasaan, demografi, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara mengenali target pasar bisnis anda? Berikut adalah cara untuk mengetahui target pasar Anda.

Melalui Asumsi Anda

Seperti judulnya, Anda hanya perlu mengasumsikan kira-kira siapa target pasar yang paling strategis? Misalnya, Anda menjual produk Baju Kemeja formal Wanita. Siapa yang akan membeli produk anda? Wanita Kantor? Mahasiswa? Guru?

Lihatlah pesaing Anda

Lihatlah produk pesaing Anda. Kemudian cobalah untuk menganalisis kira-kira siapa pembeli target? Anda juga bisa mendapatkan celah dan menciptakan produk yang lebih unggul dari pesaing Anda.

Komunikasi dengan konsumen

Mengidentifikasi target pasar juga dapat dilakukan dengan berbicara langsung kepada calon pelanggan. Untuk itu, coba minta saran tentang bisnis fashion dari teman atau kolega terdekat Anda. Berapa harga yang sesuai untuk produk? Warna apa yang mereka sukai?

Membangun Buyer Persona

Buyer persona adalah gambaran dari target pasar yang Anda targetkan. Anda dapat membuat gambar ini dengan penelitian dan informasi yang Anda kumpulkan sebelumnya. Dengan Buyer persona, Anda dapat mengembangkan produk yang tepat.

3. Lihat Pesaing Bisnis Anda

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa Anda bersaing begitu banyak? Dalam memulai bisnis apa pun, termasuk bisnis fashion, Anda perlu mempelajari pesaing.

Pengelompokan Pesaing

Ada banyak pesaing di luar sana. Anda bisa mulai dengan mengelompokkannya ke dalam beberapa kategori, yaitu pesaing primer, pesaing sekunder, dan pesaing tersier.

Pelajari Tentang Produk Pesaing

Setelah Anda mengelompokkan pesaing Anda, Anda dapat mulai fokus pada beberapa. Terutama pesaing utama Anda.

Sekarang, cobalah untuk mempelajari produk pesaing Anda. Lihatlah kekuatan dan kelemahan produk pesaing Anda. Manfaatkan kelemahan produk pesaing untuk menciptakan produk unggulan. Karena dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki pesaing, Anda dapat memiliki peluang untuk memenangkan pasar.

Misalnya, setelah mempelajari produk pesaing, Anda mengetahui bahwa bahan baku pesaing tidak baik. Anda dapat membuat produk dengan bahan yang lebih baik daripada pesaing Anda.

Mengunjungi media sosial pesaing

Selain situs web resmi, Anda juga perlu menganalisis media sosial pesaing. Cari tahu seperti apa postingan pesaing. Apakah mereka responsif terhadap komentar pelanggan? Apakah mereka mempromosikan melalui influencer? Jika demikian, siapa?

Lihat Ulasan Pesaing

Tidak cukup hanya melihat kelebihan dan kekurangan situs web dan media sosial, Anda juga perlu melihat bagaimana Pelanggan Meninjau pesaing. Dari ulasan produk, anda akan mendapatkan informasi tentang kelebihan dan kekurangan pesaing.

4. Membuat Rencana Bisnis (Business Plan)

Setelah menentukan produk bisnis, mengenali target, hingga menganalisis pesaing, sekarang Anda perlu membuat rencana bisnis yang lebih konkret.

Business planning atau rencana bisnis dapat dikatakan sebagai konsep bisnis anda. Rencana bisnis ini akan menjadi panduan Anda dalam menjalankan bisnis. Karena itu, Anda tidak boleh membuatnya sembarangan.

Nah, agar lebih terstruktur dan mudah dipahami, anda bisa menggunakan template business plan seperti yang kami contoh di bawah ini.

5. Siapkan anggaran atau modal

Dalam memulai bisnis fashion, peran modal sangat penting. Namun, sedikit atau banyak modal bukan satu-satunya penentu keberhasilan bisnis fashion Anda.

Yang paling penting adalah Anda harus sangat pandai mengatur dan mengelola modal untuk memulai bisnis fashion. . Anda perlu mencatat semua rencana pengeluaran bisnis anda.

Agar lebih terstruktur dan tidak membingungkan, kami membuat tabel sederhana rencana modal bisnis mode. Anda dapat mengubah tabel ini sesuai dengan kebutuhan detail bisnis fashion Anda.

About BANG NOVAN

Check Also

Ragam Inspirasi Desain Rumah Minimalis Dengan Modal Minim

Ragam Inspirasi Desain Rumah Minimalis Dengan Modal Minim

Ragam Inspirasi Desain Rumah Minimalis Dengan Model Minim - Memiliki model rumah sederhana namun indah adalah impian seluruh keluarga, terutama bagi pasangan yang baru menikah dan memiliki keluarga baru.