9 Cara Mengatasi Knalpot Mobil Bocor

rekor.co.id mobil bocor biasanya ditemukan pada kendaraan yang sudah berumur atau cukup tua.

Bukan juga tidak mungkin kebocoran bisa terjadi pada kendaraan yang relatif baru. Ini bisa terjadi karena karat yang mendekat pada knalpot.

Untuk mengatasi dan mencegah hal ini, tentu Anda harus mengetahui penyebab dan solusinya jika sudah terjadi.

Untuk itu, simak ulasan lengkapnya di bawah ini yang dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia.

Penyebab Kebocoran Knalpot

Kebocoran knalpot dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kendaraan dan pengendara.

Ada banyak penyebab masalah knalpot yang mengalami kebocoran ini, salah satu yang paling populer adalah knalpot sudah mulai aus.

Selain itu, kebocoran ini bisa disebabkan juga oleh usia kendaraan, hingga perawatan kendaraan yang kurang maksimal.

Bahkan, kebocoran pada knalpot juga bisa terjadi karena kesalahan parker atau karena benturan batu saat kendaraan melaju kencang.

1. Pakailah Bungkus Rokok

Anda dapat menggunakan bungkus rokok lama untuk memperbaiki kebocoran knalpot. Cara alternatif ini memanfaatkan bungkus rokok dalam kemasan atau biasa disebut dengan grenjeng.

Anda perlu lem untuk merekatkan grenjeng pada bagian knalpot yang bocor. Pilih grenjeng yang masih bagus dan tidak rusak, lalu tempelkan ke knalpot menggunakan lem.

2. Gunakan Lem Besi

Cara pertama untuk mengatasi knalpot bocor adalah dengan menggunakan lem besi.

Lem besi multifungsi ini bisa anda dapatkan di toko bangunan terdekat. Meskipun kedengarannya sederhana, tetapi menambal knalpot yang bocor dengan lem besi dianggap kuat.

Penggunaan lem besi juga cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Anda hanya perlu mengoleskan lem pada permukaan knalpot yang mengalami kebocoran.

Untuk mengoles, anda dapat menerapkan satu atau tiga lapisan sekaligus untuk membuatnya lebih perekat.

3. Menggunakan Lem Sealer

Di pasaran, ada banyak jenis lem sealer yang bisa anda gunakan. Namun, untuk menambal knalpot bocor ini tidak bisa menggunakan sembarang lem sealer. Anda perlu memilih sealer lem yang lebih tahan terhadap panas.

4. Karbida Pengelasan

Cara mengatasi kebocoran knalpot yang satu ini sangat mudah diaplikasikan. Tidak hanya mudah, penggunaan pengelasan karbida juga dinilai lebih efisien untuk menambal knalpot.

Namun, Anda tidak bisa melakukan cara ini di rumah. Anda harus pergi ke bengkel las terdekat untuk melakukannya.

Harap dicatat, bengkel las yang harus Anda kunjungi adalah pengelasan karbida, bukan pengelasan listrik.

Anda hanya perlu memberi tahu karyawan bengkel bahwa knalpot Anda bocor. Setelah itu, karyawan akan melakukan pengelasan karbida pada knalpot.

5. Menggunakan Pita Segel Aluminium

Anda pasti pernah melihat panci bocor yang ditambal menggunakan semacam pita aluminium, bukan? Bahkan, segel pita aluminium ini tidak hanya dapat digunakan pada panci, tetapi juga dapat digunakan pada knalpot yang memiliki kebocoran.

Cara menggunakannya juga cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Pertama, Anda perlu tahu di mana titik kebocoran knalpot berada.

Setelah itu, tempelkan segel pita aluminium yang sudah disiapkan pada bagian yang bocor. Buat beberapa lapisan agar lebih perekat dan tidak berlubang

6. Menggunakan Lem

Untuk mengatasi kebocoran yang terjadi pada knalpot, Anda membutuhkan material yang memiliki ketahanan panas yang tinggi.

Lem tertentu yang dijual di pasaran merupakan salah satu produk yang bisa dipilih. Sebagai informasi, daya tahan produk ini mencapai 1100 derajat Celcius. Sangat tinggi bukan?.

Di sini, Anda hanya perlu mengoleskan produk lem ini pada bagian yang bocor.

Jangan lupa untuk tingkat itu dan mencoba untuk mengaktifkan mesin motor Anda. Mesin dan knalpot yang dipanaskan akan meningkatkan daya rekat lem.

7. Mengganti Kemasan

Bingung karena menambalnya saja tidak cukup efektif? Jika demikian, Anda dapat mengganti gasket knalpot.

Namun, penggantian gasket ini perlu dilakukan oleh ahlinya. Sebelum mengganti paking apa pun, Anda perlu berkonsultasi untuk mendapatkan paking pengganti yang tepat.

Ingin sesuatu yang lebih kuat dan lebih kuat? Anda bisa meminta mekanik untuk memasang double packing atau menggunakan gasket yang memiliki bahan dasar aluminium.

Biasanya, pengepakan dengan bahan dasar asbes kurang tahan lama dibandingkan aluminium.

8. Menggunakan Aluminium Foil

Aluminium foil umumnya ditempatkan di dapur dan digunakan dalam proses memasak.

Namun, pada kenyataannya, aluminium foil memiliki fungsi lebih dari itu. Salah satu fungsi aluminium foil yang sangat berguna adalah menambal knalpot yang bocor.

Namun, penggunaan aluminium foil untuk menambal knalpot jauh lebih sulit daripada menggunakan pita segel aluminium. Mengapa aluminium foil lebih keras? Hal ini dikarenakan tidak ada perekat pada alat yang satu ini.

Selain itu, aluminium foil juga hanya bisa digunakan di ujung leher knalpot saja.

Pada saat digunakan, Anda harus lebih rapi dan telaten agar proses penambalan dapat merekat dengan baik. Jangan lupa juga melepas knalpot terlebih dahulu.

9. Aluminium Muffler Tape

Bentuk benda yang satu ini memang mirip dengan segel pita aluminium. Bedanya, perekat yang satu ini dikhususkan untuk knalpot saja.

Karena memiliki bentuk fisik yang mirip, penggunaan aluminium muffler tape juga sama dengan aluminium seal tape.

Anda hanya perlu merekatkannya pada bagian yang bocor dengan rapi dan menyeluruh.

Jika Anda merasa terpaku, nyalakan motor selama 5 hingga 10 menit. Jangan lupa untuk memutar tuas gas untuk memastikan apakah kebocoran teratasi atau tidak.

About asmaurr

Check Also

Empat Cara Perbaiki Door Lock Mobil Bermasalah

Empat Cara Perbaiki Door Lock Mobil Bermasalah

rekor.co.id Perkembangan teknologi keselamatan pada mobil terus meningkat pesat. Banyak produsen telah membuat fitur keselamatan …