7 Hal Ini Terjadi pada Tubuh Bila Biasa Begadang

rekor.co.id Setiap orang mengharapkan untuk mendapatkan delapan jam tidur yang baik setiap malam.

Tapi, ada orang yang harus bekerja lembur yang tidak akan mendapatkan kemewahan itu.

1. Makan lebih banyak

Bagi mereka yang terbiasa bangun larut malam, seringkali sulit untuk menahan godaan untuk makan sesuatu.

Di sisi lain, analisis 2016 dari 17 studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang tidak bisa mendapatkan istirahat malam penuh makan rata-rata 385 kalori lebih banyak pada hari berikutnya daripada mereka yang tidur delapan jam.

2. Berat badan

Kalori ekstra yang Anda konsumsi karena kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas dalam jangka panjang.

Sebuah studi tahun 2006 terhadap 68.000 wanita yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa mereka yang tidur lima jam atau kurang naik 1,2 pound lebih banyak daripada mereka yang tidur nyenyak setiap malam.

3. Peningkatan risiko diabetes

Ketika tubuh Anda hanya mendapat sedikit tidur, itu akan mengimbangi dengan mengeluarkan hormon stres tingkat tinggi seperti kortisol untuk membuat Anda tetap waspada.

Menurut sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, ini dapat membuat Anda kurang sensitif terhadap efek insulin.

Seiring waktu, ini menyebabkan penumpukan glukosa dalam aliran darah Anda sehingga meningkatkan risiko diabetes.

4. Mempertaruhkan kesehatan jantung

Berbeda dengan orang tua, serangan jantung pada orang muda tidak disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol jahat.

Sebuah studi tahun 2010 tentang kurang tidur dan kesehatan jantung yang diterbitkan dalam jurnal Current Cardiology Reviews menyimpulkan bahwa begadang dan tidur lima jam atau kurang berkorelasi langsung dengan peningkatan risiko hipertensi dan penyakit jantung koroner.

5. Otak Anda melemah

Ketika Anda begadang, otak akan kesulitan melacak informasi yang diterimanya.

Pada 2017, para peneliti di University of California menguji efek kantuk pada fungsi kognitif, mereka menemukan bahwa ketika subjek kurang tidur, neuron mengalami kesulitan berkomunikasi.

Neuron yang salah arah ini diterjemahkan ke dalam kemampuan yang berkurang untuk mengkategorikan gambar dan mengingat ingatan.

6. Lebih rentan terhadap alzheimer

Ketika seseorang mengembangkan Alzheimer, protein yang dikenal sebagai amiloid-beta menumpuk di otak dan mengganggu fungsi sel.

Hanya satu malam begadang dapat secara signifikan meningkatkan kadar amiloid-beta di otak, yang berarti kurang tidur kronis dapat mengganggu fungsi kognitif dari waktu ke waktu.

7. Sistem kekebalan tubuh melemah

Bagi pekerja aktif, hindari kebiasaan ini agar daya tahan tubuh kuat dan tidak mudah sakit.

Ketika tubuh tidak cukup tidur karena terjaga sepanjang malam, sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu.

Itu karena sistem yang terlibat dalam sirkulasi sel darah putih akan terganggu ketika Anda belum cukup istirahat. Meskipun sel darah putih adalah apa yang membantu Anda menangkal infeksi dan penyakit.

About asmaurr

Check Also

Ragam Inspirasi Desain Rumah Minimalis Dengan Modal Minim

Ragam Inspirasi Desain Rumah Minimalis Dengan Modal Minim

Ragam Inspirasi Desain Rumah Minimalis Dengan Model Minim - Memiliki model rumah sederhana namun indah adalah impian seluruh keluarga, terutama bagi pasangan yang baru menikah dan memiliki keluarga baru.