10 Tips Kredit Mobil Baru dan Bekas

rekor.co.id Tips kredit mobil baru dan mobil bekas diambil dari berbagai sumber yaitu Asuransi Astra, Mandiri Utama Finance dan Acc (Astra Credit Companies), dan sudah kami sesuaikan.

1. Pilih jenis mobil.

Di pasaran ada berbagai jenis mobil (MPV, sedan, SUV, hatchback dan lain-lain) dari berbagai merek seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Nissan, Suzuki, Mitsubishi, Hyundai, Kia, Wuling.

Sesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk pekerjaan atau keluarga atau keduanya.

Anggap saja, mobil yang Anda inginkan lebih mungkin untuk kebutuhan keluarga berarti Anda membutuhkan mobil dengan daya dukung dan dimensi yang lebih besar untuk membawa semua anggota keluarga dan barang-barang.

Tetapi ketika Anda membutuhkan mobil untuk bekerja, mobil yang lebih kecil adalah pilihan yang tepat.

2. Tentukan mobil baru atau mobil bekas.

Masing-masing memiliki kelebihan. Mobil baru memiliki fitur terbaru, memiliki masa garansi lebih lama, dan Anda mengikuti tren.

Sebaliknya, mobil bekas relatif lebih murah dan Anda bisa mendapatkan mobil di kelas yang lebih tinggi daripada mobil baru dengan anggaran yang sama.

Namun, jika Anda Membeli Mobil bekas, itu berarti Anda harus lebih teliti memeriksa kondisi dan riwayat servis atau perbaikan unit, jangan sampai Anda menyesalinya di kemudian hari.

3. Program promo dealer.

Di sini Anda harus bertanya kepada penjual tentang program promosi apa yang berlaku dan menguntungkan konsumen. Tidak ada yang salah jika Anda membandingkannya dengan dealer lain.

4. Waktu pembelian mobil.

Biasanya dealer memberikan promo menarik kepada konsumen selama pameran otomotif seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) atau Indonesia International Motor Show (IIMS) atau pameran di mal.

Akhir tahun adalah salah satu waktu yang tepat untuk membeli mobil karena dealer membuang stok sehingga mereka umumnya akan membuang diskon atau cashback.

5. Survei harga.

Anda dapat melakukan survei harga mobil melalui internet atau langsung ke dealer. Harga satu dealer dengan dealer lain dalam satu merek adalah milik saya, tetapi biasanya ada dealer yang menawarkan diskon lebih besar.

6. Menentukan sumber pembiayaan.

Anda dapat meminjamkan mobil melalui perusahaan leasing atau bank. Kredit mobil melalui bank biasanya lebih ringan daripada leasing tetapi untuk mendapatkan fasilitas kredit dari bank tidak lebih mudah daripada leasing.

Pilih institusi yang memiliki pengalaman dan reputasi tinggi, di mana Anda dapat mencari tahu dari internet atau kenalan anda.

7. Siapkan uang muka atau Uang Muka (DP).

Umumnya DP minimum mobil berkisar antara 20% – 30% dari harga mobil. Jika Anda ingin Cicilan tidak memberatkan anda, maka bayar DP lebih tinggi dari batas minimum lebih awal atau perpanjang jangka waktu cicilan.

8. Hindari DP dari pinjaman.

Anda harus menghindari membayar pinjaman mobil dengan meminjam dari pihak manapun.

Jika Anda meminjam uang untuk membayar DP, makan akan menyulitkan keuangan, karena Anda akan memiliki dua kewajiban, yaitu membayar cicilan kredit mobil dan utang DP.

9. Hindari tenor kredit mobil melebihi usia ekonomi mobil.

Lebih baik tenor kredit mobil tidak lebih dari 3 tahun. Pada usia 5 tahun ke atas, biaya perawatan mobil semakin besar, karena banyak komponen yang harus diganti atau rusak.

10. Pilih asuransi mobil yang baik.

Setiap mobil kredit pasti diasuransikan. Nah, tugas Anda sebagai pemilik mobil adalah memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik dengan bengkel berkualitas dan jaringan yang luas.

About asmaurr

Check Also

Empat Cara Perbaiki Door Lock Mobil Bermasalah

Empat Cara Perbaiki Door Lock Mobil Bermasalah

rekor.co.id Perkembangan teknologi keselamatan pada mobil terus meningkat pesat. Banyak produsen telah membuat fitur keselamatan …